Kamis, 08 November 2018

Nikmati Sun Rise di Punthuk Setumbu



jatenghits-wisata-Menikmati matahari terbit, dengan pemandangan indah dan menarik di Jawa Tengah, kini bisa dinikmati di Magelang.  Pesona wisata ini, tidak kalah dengan menikmati pemandangan matahari terbit di Bromo, Jawa Timur.  Adalah Bukit Punthuk Setumbu terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Lokasi bukit ini, tidak jauh dari wisata Candi Borobudur.


Untuk menikmati keindahan matahari terbit di Punthuk Setumbu, pengunjung hanya merogoh kocek  Rp 15.000 /orang. Ketinggian bukit ini dperkirakan 400 meter diatas permukaan laut, pengunjung bisa menikmati Candi Borobudur dari atas.  Selain itu, keindahan lain adalah melihat Gunung Merapi dan Sumbing.

Pengunjung bisa menikmati keindahan bukit Menoreh yang ada di seberang Punthuk Setumbu. Mengunjungi bukit ini, setidaknya pengunjung harus tiba di lokasi sebelum subuh.  Usai melaksanakan Sholat Subuh, matahari terbit bisa dinikmati setelah melakukan perjalanan sekitar 300 meter, dari loket tiket. 

Bukit ini, menjadi terkenal dan banyak dikunjungi usai ada salah satu fotografer yang mengambil momen matahari terbit yang bagus.  Selain itu, juga ada pemandangan Borobudur yang diabadikan dengan manis.  Ditambah lagi ketika dilakukan shoting film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang mengambil latar di bukit tersebut.

Usai menikmati keindahan matahari terbit, pengunjung juga menikmati kuliner khas desa tersebut.  Selain itu, jika ingin merasakan kehangatan, di sekitar lokasi untuk memandang juga banyak yang menjajakan kopi maupun cemilan.

Jika ingin menikmati kuliner khas setempat, untuk jumlah yang banyak, maka bisa menghubungi pengelola Puncak Punthuk Setumbu. Dan, akan disediakan makan dengan menu kuliner khas yang bisa dimakan beramai-ramai.  Ada nasi megono khas Punthuk Setumbu, yang nasinya beralaskan daun pisang. dengan lauk ikan, telur dan tempe.

Kunjungan ke Punthuk Setumbu semakin asyik, jika ketika pulang bisa membawa souvenur khas tempat tersebut.  Anda penasaran, langsung bisa berkunjung ke bukit tersebut, dengan biaya murah. Dan,  yang lebih penting, siapkan kesehatan dan tenaga anda, karena harus siap berjalan kaki yang menanjak.
Disqus Comments